Minggu, 18 Juli 2021

REVIEW BUKU STRATEGI MEMENANGKAN ISU DI SOSIAL MEDIA - JUBILEE ENTERPRISE

 


Judul Buku : Strategi Memenangkan Isu di Sosial Media

Penulis : Jubilee Enterprise

Penerbit : Elex Media Komputindo

Tebal :  115 halaman

Tahun Terbit : 2016

Kategori : Non-Fiksi, Komputer

My Rated : 2,5 / 5


Hallo, Sobat Reader ! Kali ini aku mau mengulas buku tentang cara memenangkan isu di sosial media. Buku ini berjudul Strategi Memenangkan Isu di Sosial Media karya Jubilee Enterprise.


#DESKRIPSI

Bagaimana rahasia memenangkan isu di social media? Isu bisa berbentuk konten ataupun produk seperti ide-ide, gagasan, kreativitas, gerakan moral, ajakan, sampai benda-benda yang dapat dipegang serta disentuh seperti produk atau barang dagangan. Jika berhasil memenangkan isu di social media, maka mudah bagi kita untuk menggerakkan netizen agar mau membeli atau menyetujui gagasan yang kita buat.

Nah, Buku ini hadir untuk mengupas berbagai konsep dan strategi memenangkan isu di social media, antara lain:- Mengupas karakteristik Facebook, Twitter, dan social media lainnya.- Strategi-strategi teknis seperti mengatur timing, copywriting, pembuatan shareable content, dan sebagainya untuk memenangkan isu.

Banyak petunjuk visual dalam bentuk slide di dalam buku ini agar Anda mudah mempelajari berbagai macam strategi yang ditawarkan. Dengan demikian, diharapkan Anda bisa membuat dan memenangkan isu di social media dengan lebih mudah.


#ULASAN

Hari-hari kita di masa sekarang tidak bisa lepas dari namanya gadget. Mulai dari bangun tidur sampai mau tidur, ada saja yang membuat kita terdorong untuk membuka gadget dan menghabiskan waktu bersamanya. Salah satu yang paling sering dilakukan tentu saja bermain medsos. Dulu, yang populer mungkin hanya Facebook & Youtube, zaman berkembang, kini semakin banyak platform media sosial yang digandrungi. Sebut saja Whatsapp, Twitter, Instagram, Line dan lain-lain.

Ketika menjelajah medsos, kita tidak bisa tidak lepas dari yang namanya ISU. Ya, isu bertebaran dengan ragam yang banyak, baik berupa ide, gagasan, berita, produk, bahkan HOAX. Dalam buku ini, penulis ingin membagikan tips & trik bagaimana sih cara memenangkan isu di sosial media ? Apakah penting mengetahuinya ?

Oke, jadi buku ini intinya berisi 6 strategi yang perlu dikuasi untuk memenangkan isu di media sosial. Strategi-strategi ini antara lain: Mengelola banyak akun, atur timing, pilih isu, Teknik copywriting, mixed content dan ‘jadilah’ manusia. Semua strategi ini dibahas dengan sesederhana mungkin, langsung to the point, dan disertai visual berupa gambar yang semakin memudahkan pembaca untuk memahaminya.

Apa benefit ketika kita menguasai strategi ini ? Tentu kita bisa mem-viralkan sebuah isu, dan ini akan sangat bermanfaat apabila kita terapkan di strategi penjualan & promosi produk. Sebenarnya semua strategi diatas tujuan intinya yaitu bagaimana agar apa yang kita posting mendapat banyak ‘engagement’, mendatangkan ‘click bait’ dan membuat pengguna internet setuju dengan ide/gagasan kita.

Overall, menurutku buku ini lumayan bagus, hanya saja terlalu fokus di twitter & facebook. Lalu, karena terbitan tahun 2016, tentu saja dari segi tampilan tools-nya sudah jauh berbeda dengan tahun ini. Ya walaupun demikian, setidaknya dari buku ini aku dapat beberapa informasi menarik terkait aplikasi dan website yang bermanfaat, hehe.


“Semakin kuat sebuah hashtag, maka semakin besar potensi untuk memenangkan isu.”

- Jubilee Enterprise -


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Salam, Sobat Reader ! Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar, kesan atau pesan :)