Senin, 26 Juli 2021

REVIEW BUKU IKHLAS PALING SERIUS - FAJAR SULAIMAN

 


Judul Buku : Ikhlas Paling Serius

Penulis : Fajar Sulaiman

Penerbit : Media Kita

Tebal : 168 halaman

Tahun Terbit : 2021

Kategori : Fiksi, Romance

My Rated : 4,5/5


Hallo, Sobat Reader ! Kali ini aku mau mengulas buku yang berisi quote motivasi perihal mengikhlaskan kekasih. Buku ini berjudul Ikhlas Paling Serius karya Fajar Sulaiman.


#DESKRIPSI

Terkadang ada hal yang tidak bisa kita paksakan untuk dipertahankan atau dimiliki. Dia dihadirkan di hidupmu bisa jadi hanya untuk menguji seberapa gigih kamu berjuang, dan seberapa lapang hatimu untuk merelakan. Karena percayalah, bahwa Tuhan lebih mencintaimu daripada dia yang kamu cintai.

Pada akhirnya, aku pun hanya perlu terbiasa tanpa kehadiranmu. Hingga tiba hari ketika aku terbiasa dan hatiku membaik. Terima kasih telah memberiku kesempatan untuk memperjuangkan seseorang. Dan, kau juga yang mengajariku cara untuk tahu; kapan waktu yang paling tepat untuk aku harus benar-benar menyerah.

Dengan penuh kelapangan hati aku melepasmu. Mengikhlaskanmu.


#ULASAN

Niat awal beli buku ini sekadar untuk teman membaca, begitu dibaca ehh malah keterusan jadi overthinking. Memang benar ya kata-kata perihal kehilangan selalu ampuh menggiring kita ke ruang bernama kenangan. 

Membaca kata demi kata dari Fajar Sulaiman di buku ini, seketika anganku dipenuhi hal-hal yang memang tak bisa dipaksakan untuk dipertahankan atau dimiliki. Tulisan-tulisan beliau terasa membumi karena berangkat dari pengalaman hidupnya sendiri. 

Diksi yang dipilihnya tidak muluk-muluk, tapi cukup mengaduk-aduk perasaan pembacanya. Selingan potret-potret yang meneduhkan juga semakin menambah kenyamanan tersendiri Ketika membacanya. 

Buku ini dibagi menjadi tiga bagian: Melupakan, mengikhlaskan dan akhirnya menemukan. Merupakan rangkaian perjalanan mencapai ‘ikhlas paling serius.’ Sayang sekali ada beberapa foto yang terlalu gelap jadi cetakannya gak jelas, ‘ini foto / gambar apa ?’ Tapi, secara keseluruhan buku ini bagus, cocok sekali menemani masa-masamu dalam ‘mengikhlaskan’ dan karena tampilannya elegan, pastinya cocok dibuat postingan quote di media sosial. 


“Tidak akan ada yang baik-baik saja dengan kehilangan. Semanis apapun perpisahan, rasanya tidak akan pernah jadi menyenangkan.”

"Untukmu, berdoa adalah caraku mencintaimu, dan diamku adalah caraku paling mencintaimu."

"Layaknya payung- aku melindungimu dari derasnya hujan, memelukmu dari embusan angin dan menaungimu dari sendunya awan. Hingga pelangimu datang, dan aku bukan lagi pilihan."

"Kelak saat kau temukan hati yang membuatmu bahagia, padanya kesedihanmu perlahan sirna. Ingatlah bahwa aku pernah berjuang segigih itu untukmu. Di pundakku, kepalamu pernah merebah untuk luruh air mata dan lirih kesahmu. Seberjuang itu aku demi meyakinkan bahwa akulah perhentian terakhir dan jawaban dari doa-doamu akan seseorang yang sungguh-sungguh setia. Lalu, kuraih satu pemahaman; mau bagaimanapun aku berusaha keras mempertahankanmu, jika kau tak pernah yakin kepadaku, aku harus membiarkanmu pergi."

- Fajar Sulaiman -



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Salam, Sobat Reader ! Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar, kesan atau pesan :)