Rabu, 17 Maret 2021

REVIEW BUKU MALAM INI AKU AKAN TIDUR DI MATAMU - JOKO PINURBO

 

Cover Buku Malam Ini Aku Akan Tidur di Matamu
(Sumber : Gramedia)


Judul Buku : Malam Ini Aku Kan Tidur di Matamu

Penulis : Joko Pinurbo

Penerbit : Grasindo

Tebal :  140 halaman

Tahun Terbit : 2016

Kategori : Fiksi, Puisi

My Rated : 3,8/5


Hallo, Sobat Reader ! Kali ini aku mau mengulas buku kumpulan puisi karya Joko Pinurbo berjudul Malam Ini Aku Kan Tidur di Matamu. Buku ini adalah buku keempat karya Jokpin yang pernah aku baca di IPUSNAS.

Rasa yang muncul masihlah sama ketika membaca puisi-puisi Jokpin lainnya, selalu kagum, terpukau dan menikmati kata-kata yang mengundang tawa maupun sedih. 


"Aduh sayang, jarak itu sebenarnya tak pernah ada. Pertemuan dan perpisahan dilahirkan oleh perasaan."

-Perjalanan Pulang, Joko Pinurbo


Di buku ini aku jumpai beberapa puisi pernah di muat di buku-buku sebelumnya, lalu ada pula puisi yang lumayan panjang. Menurutku lebih mudah memahami puisi-puisi yang pendek. Dan dari yang terpendek, ada yang hanya satu kalimat saja. Iya, satu kalimat !


“Ayo, buku, baca mataku!”

-Duel, Joko Pinurbo


Sedangkan puisi yang Panjang, bahkan sampai beberapa halaman itu serasa seperti membaca kisah tapi entah mengapa agak sulit meraba maknanya dan kurang menohok penyampaiannya. 

Terlepas dari itu, aku tetap suka buku ini, dengan gaya penulisan yang khas dari Jokpin sekali lagi menegaskan kepekaannya sangat tinggi terhadap lingkungan sekitar, baik itu benda maupun peristiwa. 


“Saya datang dari negeri yang pemimpin

Dan rakyatnya telah menyerupai boneka.

Saya tidak betah lagi tinggal disana

Karena saya ingin tetap menjadi manusia.”

-Boneka 1, Joko Pinurbo


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Salam, Sobat Reader ! Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar, kesan atau pesan :)